Senin, 31 Agustus 2009

Sejarah YDSF



YDSF (Yayasan Dana Sosial Al Falah), adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) yang didirikan pada tanggal 1 Maret 1987 oleh para Tokoh, Ulama, dan Pengusaha Muslim di Masjid Al Falah Surabaya dan telah dikukuhkan pemerintah dengan SK Menteri Agama No. 532 tahun 2001.
Dengan tujuan menghimpun dan mendaya gunakan Zakat, Infaq, Shodaqoh (ZIS) demi perbaikan taraf kehidupan umat, kehadiran YDSF telah dirasakan manfaatnya lebih dari 25 profinsi di Indonesia, khususnya Indonesia Timur dan dibeberapa negara dengan total dana ZIS yang tersalurkan mencapai puluhan milyar rupiah, dengan progran program penyaluran yang dititik beratkan pada bidang Pendidikan, Dakwah, Masjid, Yatim dan Kemasyarakatan.
Dalam bidang Pendidikan, yang bertujuan agar terpenuhinya kualitas dan kebutuhan dasar pendidikan, maka dengan program pengembangan karakter anak, penguatan kompetensi guru, pemberian beasiswa dan pemberian bantuan perlengkapan sekolah, alhamdulillah hingga kini YDSF telah menyalukan beasiswa kepada 61.026 siswa yang terdiri dari 37.926 tingkat SD, 16.133 tingkat SMP, 6.945 tingkat SMU, 22 tingkat Perguruan Tinggi, dan juga telah memfasilitasi pelatihan peningkatan kompetensi 65.663 guru dan jaringan sekolah.
Sedangkan dalam bidang Yatim, alhamdulillah dengan tujuan membentuk anak yatim yang mandiri, berkarakter ibadah, jujur, bertanggung jawab dan disiplin, dengan bentuk kegiatan, mulai dari pengembangan karakter anak, bantuan kelengkapan sekolah dan juga bantuan operasional panti asuhan. YDSF telah membina 30 anak yatim melalui program Rumah Cinta Yatim dan menunjang sarana dan prasarana 430 Panti Asuhan.
Dan dalam bidang Kemasyarakatan, yang bertujuan, mendorong pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat miskin dalam meningkatkan kualitas hidupnya. YDSF telah mendorong pemenuhan kegiatan edukasi kesehatan, memberikan layanan kesehatan, memberikan penanganan bencana, mendorong berkembangnya gerakan pemenuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat miskin kota melalui program program Layanan kesehatan, unit aksi cepat, bina tani peternak, program pemulung sejahtera dan juga mobile medical service.

SUSUNAN PENGURUS

Pembina :
Ketua : Prof. Mahmud Zaki, MSc.
Anggota : Prof. Dr. Ir. HM. Nuh, DEA, H. Moh. Farid Jahja, Fauzi Salim Martak

Pengawas :
Ketua : Drs. H Zulfikar Ismail Ak
Anggota : Drs. HM. Taufik AB, Ir. H. Abdul Ghaffar AS.

Pengurus :
Ketua : Ir. H. Abdul Kadir Baraja
Sekretaris : Ir. Arie Kismanto, M.Sc
Bendahara : H. Aun Bin Abdullah Baroh

Kantor Cabang Banyuwangi :
JL. Simpang Gajah Mada 05 Banyuwangi
Tlp. (0333)414883
Facebook / Email : penabangsaydsfbanyuwangi@yahoo.com
Blog : penabangsaydsfbanyuwangi.blogspot.com
SMS : Roni 081336274664

Tidak ada komentar:

Posting Komentar